Kalimat Super: Ucapan dan Doa Kepada Orang Sakit Bagi Umat Muslim

Kalimat Super: Ucapan dan Doa Kepada Orang Sakit Bagi Umat Muslim

  • Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Dalam Islam Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman Memberikan ucapan orang sakit dengan doa ini yang Artinya “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya”. (“Syafakallah” ditujukan untuk seseorang laki-laki, dan ******* “Syafakillah” ditujukan untuk seseorang perempuan   )
  • As’alullahal adzim, rabbal arsyil adzim an yasyfiaka Arti doa ucapan untuk orang sakit ini berarti “Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, pemilik segalanya yang agung agar segera menyembuhkanmu” Sebagaimana petunjuk Nabi Muhammad SAW “Tidaklah seorang Muslim mengunjungi Muslim lain yang sakit yang belum sekarat lalu dia mengucap ini (doa tersebut) sebanyak tujuh kali, melainkan Allah akan menyembuhkannya” (hadis riwayat at-Tarmidzi).   
  • Bismillah Turbatu Ardlina Biriqoti Ba’dlina Yusyfa Saqimuna Bi’idzni Robbina Ucapan doa untuk orang sakit menurut Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, Artinya : “Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah.”   
  • Allahuma Robbannas, Adz-hibil Ba’sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa’a Lilla Syifa’uka Syifaan La Yughadiru Saqoman Ucapan untuk orang sakit supaya cepat sembuh dengan doa tersebut Artinya : Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan semua penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang bisa menyembuhkan. Tiada kesembuhan kecuali dari-Mu. Sembuh yang tidak di hinggapi oleh penyakit lagi. 
  • Asalullaha Adhi, robbal arsyil Adhim an-yasyfiyaka Artinya dari doa ucapan buat orang sakit tersebut: Aku mohon kepada Allah yang maha Agung. Tuhan yang mempunyai segalanya, semoga Allah menyembuhkan kamu.  
  • syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman. Ucapan ini berarti “semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya”. 
  • As’alullahal adzim, rabbal arsyil adzim an yasyfiaka. Doa ini secara garis besar berarti, Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, pemilik Arasy yang agung agar segera menyembuhkanmu.
  • “Tidaklah seorang Muslim mengunjungi Muslim lain yang sakit yang belum sekarat lalu dia mengucap ini (doa tersebut) sebanyak tujuh kali, melainkan Allah akan menyembuhkannya (hadis riwayat at-Tarmidzi).
  • “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.” [HR. Bukhari dan Muslim]
  • Sebuah cobaan akan berlalu seiring dengan besarnya kesabaran seseorang, dan kesabaran selalu menjadi obat bagi setiap musibah 
  • Cobaan itu memang menyakitkan, tapi dia tidak akan membunuh kita. yang dia bunuh hanyalah sifat pengecut dan lemah kita 
  • Karena harapan yang mampu melihat bahwa ada seberkas cahaya dibaliik pekatnya kegelapan. 
  • Janganlah mengeluh atas sakit yang sedang kamu derita karena hal tersebut tidak akan mampu merubah apa yang sedang kamu rasakan menjadi lebih baik. 
  • Kadang, Tuhan menggunakan rasa sakit untuk mengingatkan, mengoreksi, mengarahkan dan menyempurnakan hidup kamu. 
  • Semua pasti ada hikmahnya, jangan larut dalam kesedihan. Bersemangatlah karena itu akan membuat keadaan lebih baik Rasa sakit ini hanyalah cobaan untuk sementara, Semoga bisa mengambil hikmahnya. 
  • Terkadang kamu tersenyum, bukan karena ada hal menyenangkan hatimu, tapi karena kamu tahu bersedih tak akan menyelesaikan masalah. semangatlah Orang yang sehat, memilki ribuan keinginan, orang yang sakit hanya memiliki satu keinginan yaitu sembuh. 
  • Rasa sakit itu memang menyedihkan, tapi percayalah bahwa akan ada orang yang akan selalu di sampingmu, menyemangati mu supaya kau cepat sembuh 

    Diriwayatkan pula dalam HR. Bukhari dan Muslim. Saat Rasulullah SAW  sedang berziarah ke salah satu rumah keluarga yang sedang sakit keras, kemudian nabi mengusapkan tangan kanannya di kepala yang sakit sambil membaca doa berikut :

    • Allahuma Robbannas, Adz-hibil Ba’sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa’a Lilla Syifa’uka Syifaan La Yughadiru Saqoman.
    • Artinya : Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan semua penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang bisa menyembuhkan. Tiada kesembuhan kecuali dari-Mu. Sembuh yang tidak di hinggapi oleh penyakit lagi.

    Apabila doa-doa di atas dianjurkan dengan merujuk pada hadits, untuk versi 4 ini Rasulullah langsung mencontohkan doa kesembuhan saat kita sedang menjenguk yang sedang sakit sebelum tiba ajalnya. Maka kita bisa membacakan doa berikut ini sebanyak 7 kali :

    • Asalullaha Adhi, robbal arsyil Adhim an-yasyfiyaka.
    • Artinya : Aku mohon kepada Allah yang maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy, semga Allah menyembuhkan kamu.

    DOA UNTUK ORANG SAKIT PARAH. Apabila kita menjenguk seseorang yang sudah sakit parah dan mungkin sangat sedikit harapan untuk sembuh, maka kita sebaiknya mendoakan dia yang sakit dengan doa berikut :

    • Allahuma ahyinii ma kaanatil hayatu khoirin lii wa tawaffanii ma kaanatilwafaatu khairan lii.
    • Artinya : Ya Allah, hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku, dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.
    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    w

    Connecting to %s